Indonesia City Expo Ajang Promosi Budaya dan Ekonomi Kreatif Tanah Air

Salah satu Stand di ICE, kota Malang. (Istimewa)

PIPnews.co.id | Malang– Sebanyak 98 stand pameran dari seluruh kota peserta Rakernas Apeksi ramaikan Indonesia City Expo  (ICE) 2017 di Lapangan Luar Stadion Gajayana, Kota Malang. Indonesia City Expo digelar mulai 19 hingga 23 Juli 2017.

Peserta dari luar kota memanfaatkan ICE sebagai ajang promosi budaya dan ekonomi kreatif daerah masing-masing. ICE juga bisa menjadi ajang transaksi antar kota di Indonesia.

“Semoga saja setalah event ini bisa ada kerjasama perdagangan antara Kota Pontianak dengan kota lainnya. Bisa saja produk unggulan kota kami dipasarkan di Malang, dan sebaliknya,” kata Kabid Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Ashari Giza Putera, pada 23 Juli 2017.

Kota Pontianak sendiri, memasarkan produk unggulan berupa olahan Lidah Buaya. Sebab di Kota Pontianak yang dilewati oleh Khatulistiwa, lidah buaya bisa tumbuh subur, dan hasilnya diolah menjadi aneka makanan dan minuman.

“Di daerah lain, lidah buaya kebakanyakan dimanfaatkan untuk kosmetik, namun di Kota Pontianak, warga kami bisa mengolah lidah buaya menjadi makanan seperti rendang, minuman pencegah panas dalam, dan produk lainnya,” ujar Ashari, yang mengaku produk Koperasi dan UKM Pontianak ikut dipamerkan di ICE kota Malang.

Selain stand makanan, sejumlah daerah juga memamerkan produk kerajinan untuk dijual seperti tas, sepatu, pakaian dan kain khas daerah, perhiasan, dan sebagainya. Di stand milik Kota Makassar, makanan khas menjadi primadona bagi pengunjung.

Salah satu pengunjung, Ernaeni mengaku sangat menyukai makanan khas Makassar. “Saya belanja es pisang ijo dan pisang kenari yang rasanya enak. Selama ini saya memang sangat menyukai makanan khas Makassar,” ujarnya.

Ia mengaku senang dengan adanya event ini. Sebab para pengunjung khususnya dari Malang bisa mengetahi budaya dan produk unggulan dari seluruh Indonesia. “Kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke daerah lain untuk mendapatkan makanan khas atau produk kerajinan tangan,” tandas Ernaeni. (Yan)

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Indonesia City Expo Ajang Promosi Budaya dan Ekonomi Kreatif Tanah Air – PUSAT DATA ANGGOTA KOPERASI

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*